Differential atau
yang lebih dikenal dalam bahasa sehari-hari dengan nama “Gardan” adalah
salah satu bagian dari pemindah daya setelah kopling, transmisi,
propeller shaft dan poros penggerak.


Bila kendaraan
sedang membelok maka roda belakang sebagai roda-roda penggerak (front
engine rear drive) atau roda-roda depan (front engine front drive)
mempunyai putaran yang berbeda antara roda kiri dan roda kanan. Karena
bila mempunyai putaran yang sama akan memunkinkan poros akan patah atau
jalannya kendaraan tidak baik disebabkan salah satu ban terseret (ban
kiri dan kanan mempunyai sudut putar yang berbeda).
Begitu juga
bila kendaraan berjalan pada kondisi jalan yang tidak rata, sehingga
gaya geseknya tidak sama maka putaran ban akan mengalami perbedaan.
Dengan adanya differential maka kendaraan akan tetap stabil pada saat
membelok atau keadaaan jalan yang bagaimanapun. Selain menyeimbankan
/mengatur putaran kedua roda saat membelok, differential juga berfungsi
untuk menghasilkan momen putar yang lebih besar dan merubah arah putaran
poros penggerak (propeller shaft) ke roda dengan sudut 90 derajat.


A. Final Gear
Final gear yaitu
perkaitan gigi-gigi penggerak (drive pinion gear/pinion gear) dengan
gigi yang digerakkan (ring gear). Dimana final gear berfungsi untuk:
- Memperbesar momen
- Merubah arah putaran
Momen yang
dihasilkan oleh transmisi tidak cukup untuk dapat menggerakkan kendaraan
pada saat tertentu oleh karena itu final gear membantu menambah momen
sehingga momen yang keluar dari roda-roda penggerak akan lebih besar
lagi. Apabila fina gear dibuat tidak berfungsi untuk menambah momen maka
diperlukan transmisi dengan bentuk gigi-gigi yang besar untuk
mendapatkan momen yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Hal ini
mengakibatkan bentuk transmisi menjadi besar dan bagian-bagiannya harus
kuat.
Berdasarkan konstruksinya final gear dapat di bedakan yakni;

Berdasarkan konstruksinya final gear dapat di bedakan yakni;

1. Spiral bevel gear
Konstruksi jenis ini adalah spiral dimana penempatan pinion gear dengan ring gear terletak satu garis sumbu. Konstruksi ini hanya digunakan pada mobil truk.
Kerugian:
- Suara tidak halus
- Gaya pada gigi besar ( Konstruksi Berat )
0 komentar:
Posting Komentar