PETUNJUK KHUSUS
I. Pilihlah satu jawaban yang paling benar, dengan memberi tanda silang
(X) pada huruf a,b,c,d, atau e, di lembar jawab yang tersedia
1. Kompresor adalah pesawat mesin yang berfungsi untuk …
a. Menurunkan udara
b. Memampatkan dan menaikkan udara
c. Semua jawaban salah
d. Memampatkan udara
e. Menaikkan udara
2. Kelebihan udara bertekanan yang dihasilkan kompresor disbanding dengan tenaga listrik …
a. Konstruksi sangat sederhana
b. Kebocoran udara dapat menimbulkan pencemaran
c. Konstruksi sangat rumit
d. Energi tidak dapat disimpan
e. Harga peralatan yang mahal
3. Ditinjau dari pemampatannya kompresor terbagi menjadi …
a. Perpindahan dan kompresi
b. Turbo dan perpindahan
c. Turbo dan listrik
d. Perpindahan dan listrik
e. Kompresi dan turbo
4. Langkah yang tidak terdapat pada kompresor….
a. Langkah isap
b. Langkah buang
c. Langkah kompresi
d. Langkah usaha
e. Langkah masuk
5. Langkah dimana udara diserap dari luar dan masuk ke ruang silinder…
a. Langkah keluar
b. Langkah buang
c. Langkah isap
d. Langkah kompresi
e. Langkah usaha
6. Langkah kompresi pada kompresor memiliki makna …
a. Udara masuk kedalam tabung
b. Udara yang berada di dalam tabung
c. Udara masuk kedalam ruang silinder
d. Udara keluar dari ruang silinder
e. Udara dipampatkan di dalam ruang silinder
7. Yang tidak terdapat dalam kepala silinder pada kompresor adalah …
a. Katup masuk
b. Katup buang
c. Lubang hisap dan buang
d. Sirip
e. Cincin torak
8. Fungsi poros engkol pada kompresor adalah …
a. Mengubah gerakan bolak-balik menjadi berputar
b. Mengubah gerakan berputar menjadi bolak-balik
c. Mengambil udara dari luar
d. Menghisap udara dari luar
e. Mengeluarkan udara dari ruang silinder
9. Yang tidak terdapat pada kompresor adalah…
a. Poros engkol
b. Busi dan langkah usaha
c. Katup masuk dan buang
d. Langkah kompresi
e. Cincin torak
10. Yang berfungsi sebagai penyaring udara yang akan dihisap oleh kompresor adalah…
a. Katup masuk
b. Saringan udara
c. Katup buang
d. Piston/torak
e. Katup pengaman
11. Dibawah ini yang termasuk bagian bagian kompresor adalah….
a. Katup masuk, busi, katup keluar, piston
b. Silinder, katup masuk, katup buang, busi
c. Torak, silinder, saringan bensin, piston
d. Piston, ring torak, poros engkol
e. Saringan udara, poros engkol, katup pembebas beban, karburator
12. Mengapa sebuah mobil perlu system pendingin…
a. Biar dingin mobilnya
b. Supaya tidak terjadi overheating
c. Supaya mobil bisa berjalan lancar pada waktu dijalankan
d. Supaya terjadi overheating
e. Supaya tidak terjadi kebakaran mobil
13. Panas yang terjadi dimesin akan diserap oleh system pendingin sebesar?
a. 25%
b. 32%
c. 30%
d. 20%
e. 15%
14. Jelaskan fungsi pompa air pada mesin pendingin dengan system pendinginan air ?
a. Mempercepat pembuangan panas
b. Mendinginkan mesin dengan cepat
c. Mempercepat panas
d. Mempercepat sirkulasi air pendingin
e. Menghambat sirkulasi air pendingin
15. Fungsi reservoir tank adalah…..
a. Tempat sirkulasi air pendingin
b. Tempat menyimpan udara panas
c. Tempat penyimpanan air
d. Tempat penyimpanan cadangan air
e. Tempat pembuangan air
16. fungsi baterai sat mesin mati adalah…
a. untuk sistem stater
b. menggerakkan alternator
c. menghidupkan stater
d. menghidupkan penerangan
e. sebagai penstabil suplai listrik
17. Komposisi campuran SO4 pada elektrolit baterai adalah…
a. 35%
b. 36%
c. 37%
d. 64%
e. 65%
18. Yang berfungsi untuk memisahkan gas hidrogen dan uap asam sulfat didalam baterai adalah….
a. Cover
b. Separator
c. Cover
d. Vent caps
e. Sumbat
19. Hasil pengukuran baterai dengan kapasitas 50AH menunjukkan berat
jenis 1,18 pada temperatur 20¬¬¬¬¬¬0 C. hitunglah waktu pengisiannya….
a. 1 jam
b. 2 jam
c. 3 jam
d. 4 jam
e. 5 jam
20. Kapasitas baterai 80 Ah dan berat jenis baterai pada suhu normal adalah 1,18. hitung lama pengisian lambatnya….
a. 3.6 sd 5.8 h
b. 4.8 sd 6 h
c. 4.8 sd 7 h
d. 4 sd 6 h
e. 6 sd 7 h
21. Pada batrai tertulis 55 D 26 L , maksut dari tulisan 23 adalah….
a. Posisi terminal
b. Pankang baterai
c. Lebar baterai
d. Tinggi baterai
e. Kemampuan baterai
22. Pada batrai tertulis 55 D 26 L , maksut dari tulisan 55 adalah……
a. Posisi terminal
b. Pankang baterai
c. Lebar baterai
d. Tinggi baterai
e. Kemampuan baterai
23. Alat untuk mengukur berat jenis baterai adalah…..
a. Hydroksida
b. Hydromonoksida
c. Hydrometer
d. Hydrogen
e. Multy meter
24. Alat untuk mengetahui voltase/ energi listrik pada baterai adalah…..
a. Multy meter
b. Test meter
c. Ampre meter
d. Volt meter
e. Vernier kaliper
25. Gambar disamping adalah gambar pengisian
Baterai secara…….
a. Pararel
b. Seri
c. Gabungan
d. Tunggal
e. Ganda
26. Standar berat jenis pada baterai adalah……..
a. 1.125
b. 1.240
c. 1.250
d. 1.260
e. 1.270
27. Makna dari
adalah….
a. Garis nyata terhalang
b. Garis nyata
c. Garius tepi
d. Garis sumbu
e. Garis gores
28. Makna dari
adalah….
a. Garis nyata terhalang
b. Garis nyata
c. Garis tepi
d. Garis sumbu
e. Garis gores
29.Makna dari simbul/lambang diatas adalah……
a. Proyeksi eropa
b. Proyeksi amerika
c. Proyeksi asia
d. Proyeksi afrika
e. Proyeksi austalia
30.Makna dari simbul/lambang diatas adalah……
a. Proyeksi eropa
b. Proyeksi amerika
c. Proyeksi asia
d. Proyeksi afrika
e. Proyeksi austalia
Essay
1. Sebut dan jelaskan bagian bagian dari radiator !
2. Udara bertekanan yang dihasilkan kompresor memiliki beberapa
kelebihan dibandingkan dengan tenaga listrik dan hidrolik, sebutkan
kelebihan yang dimiliki oleh udara bertekanan pada kompresor!
3. Tentukan letak dari gambar pandangan muka, atas dan samping kanan menurut proyeksi amerika dan eropa (kuadran)!
4. Baterai dengan kapasitas 55 Ah memiliki berat jenis 1.14 pada suhu 00 hitunglah!
a. Pengisian lambatnya?
b. Pengisian cepat bila lama pengisian 45 menit?
5. Jelaskan fungsi baterai pada sebuah mobil saat:
a. Mesin mati.
b. Stater.
c. Mesin hidup.
''SELAMAT MENGERJAKAN''
Social Profiles
Total Pageviews
280 Px
Follow Us
250 Px
[ Blog Archive ]
-
▼
2014
(94)
-
▼
September
(48)
- Overhaul Step
- Pengertian dan Pengukuran Suhu
- Sistem dan Simbol-Simbol Pneumatic
- SISTEM KEMUDI
- SISTEM SUSPENSI (2)
- SISTEM KOPLING
- SISTEM PENGAPIAN
- SISTEM PENGISIAN
- SISTEM STARTER
- SISTEM BATERAI
- PENGERTIAN Sistem transmisi
- PENGERTIAN SUSPENSI
- Transmisi Manual
- KOMPRESOR UDARA
- CARA SETTING PENGAPIAN
- Arti Kode Ban
- Prinsip Kerja Radiator
- TIPS MEMBERSIHKAN MESIN
- MESIN 4 LANGKAH
- CARA MENYETEL PLATINA
- CARA MENYETEL KARBURASI
- CARA MENYETEL KLEP MOBIL DAN MOTOR
- CARA MENYETEL KLEP SATRIA 150F
- Komponen AC Mobil
- Penyebab Bau Pada Mobil Ber-AC
- Tips Merawat AC Mobil
- Diagnosis Kerusakan Pada Sistem Pengisian
- Rem Cakram
- Sistem Kopling
- Sistem Pendingin
- BAGIAN – BAGIAN UTAMA MOTOR BAKAR (BAGIAN YANG DIA...
- Motor Pembakaran Luar
- BAGIAN – BAGIAN UTAMA MOTOR BAKAR (BAGIAN YANG BER...
- Motor Otto 2 Langkah
- Motor Otto 4 Langkah
- Bahan Bakar Bensin dan Pembakaran Motor Otto
- Motor Diesel 4 Langkah dan 2 Langkah
- Bahan Bakar Solar dan Pembakaran Motor Diesel
- Sistem Pengapian (Ignition System)
- Klasifikasi Motor Bakar
- Sistem Kemudi
- Sistem Kopling
- Langkah-langkah tune up pada mesin diesel
- Urutan Langkah Tune Up Mesin EFI
- langkah-langkah dasar melakukan sendiri tune up me...
- TUNE UP ENGINE
- Sistem Pengapian
- Tune Up Kijang 4K
-
▼
September
(48)
Followers
About me
widget animasi cewek
Widget Animasi
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "
About
Blogger news
Template
Sponsor Iklan
Pengunjung
Blog Archive
-
2014
(94)
- November(15)
- Oktober(17)
-
September(48)
- Overhaul Step
- Pengertian dan Pengukuran Suhu
- Sistem dan Simbol-Simbol Pneumatic
- SISTEM KEMUDI
- SISTEM SUSPENSI (2)
- SISTEM KOPLING
- SISTEM PENGAPIAN
- SISTEM PENGISIAN
- SISTEM STARTER
- SISTEM BATERAI
- PENGERTIAN Sistem transmisi
- PENGERTIAN SUSPENSI
- Transmisi Manual
- KOMPRESOR UDARA
- CARA SETTING PENGAPIAN
- Arti Kode Ban
- Prinsip Kerja Radiator
- TIPS MEMBERSIHKAN MESIN
- MESIN 4 LANGKAH
- CARA MENYETEL PLATINA
- CARA MENYETEL KARBURASI
- CARA MENYETEL KLEP MOBIL DAN MOTOR
- CARA MENYETEL KLEP SATRIA 150F
- Komponen AC Mobil
- Penyebab Bau Pada Mobil Ber-AC
- Tips Merawat AC Mobil
- Diagnosis Kerusakan Pada Sistem Pengisian
- Rem Cakram
- Sistem Kopling
- Sistem Pendingin
- BAGIAN – BAGIAN UTAMA MOTOR BAKAR (BAGIAN YANG DIA...
- Motor Pembakaran Luar
- BAGIAN – BAGIAN UTAMA MOTOR BAKAR (BAGIAN YANG BER...
- Motor Otto 2 Langkah
- Motor Otto 4 Langkah
- Bahan Bakar Bensin dan Pembakaran Motor Otto
- Motor Diesel 4 Langkah dan 2 Langkah
- Bahan Bakar Solar dan Pembakaran Motor Diesel
- Sistem Pengapian (Ignition System)
- Klasifikasi Motor Bakar
- Sistem Kemudi
- Sistem Kopling
- Langkah-langkah tune up pada mesin diesel
- Urutan Langkah Tune Up Mesin EFI
- langkah-langkah dasar melakukan sendiri tune up me...
- TUNE UP ENGINE
- Sistem Pengapian
- Tune Up Kijang 4K
- Agustus(14)
Diberdayakan oleh Blogger.
Popular Posts
-
FUNGSI BAGIAN-BAGIAN TRANSMISI 1. Input shaft berfungsi untuk meneruskan tenaga putaran dari kopling ke transmisi 2. Ou...
-
Tuning mobil memerlukan beberapa keterampilan khusus, tapi setiap orang dengan mekanik yang wajar tahu bagaimana dapat melakukan setengah pe...
-
Cara membuat tulisan mengikuti kursor di blog Ditulis oleh: Contact Centre - Wednesday, April 17, 2013 Cara Membuat Tulisan Mengi...
-
FUNGSI Sebagai Penggerak mula, ketika mesin pertama kali di nyalakan TERDAPAT 3 JENIS SISTEM STARTER 1. TIPE PLANETARY Pada star...
-
ALTERNATOR Fungsi : Untuk melakukan pengisian kembali tegangan baterai KOMPONEN UTAMA DAN FUNGSI 1. NUT Untuk mengika...
-
Fungsi dan Cara Kerja transmisi manual dan Komponen komponennya 1) Prinsip Kerja Transmisi Transmisi manual dan komponen-komponennya ...
-
AC mobil sangat penting peranannya karena perangkat inilah yang mengatur suhu udara dalam kabin kendaraan agar selalu dalam kondisi yang ...
-
Cara Menyetel Celah Katup Menyetel celah katup ( valve clearance ) merupakan salah satu dari langkah penyetelan awal sebelum meng...
-
Tune Up adalah salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh bengkel, baik itu tune up engine konvensional maupun tune up mesin EFI . Seb...
Minggu, 07 September 2014
KOMPRESOR UDARA
Diposting oleh
Unknown
di
07.07
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Musik
Blog Archive
-
▼
2014
(94)
-
▼
September
(48)
- Overhaul Step
- Pengertian dan Pengukuran Suhu
- Sistem dan Simbol-Simbol Pneumatic
- SISTEM KEMUDI
- SISTEM SUSPENSI (2)
- SISTEM KOPLING
- SISTEM PENGAPIAN
- SISTEM PENGISIAN
- SISTEM STARTER
- SISTEM BATERAI
- PENGERTIAN Sistem transmisi
- PENGERTIAN SUSPENSI
- Transmisi Manual
- KOMPRESOR UDARA
- CARA SETTING PENGAPIAN
- Arti Kode Ban
- Prinsip Kerja Radiator
- TIPS MEMBERSIHKAN MESIN
- MESIN 4 LANGKAH
- CARA MENYETEL PLATINA
- CARA MENYETEL KARBURASI
- CARA MENYETEL KLEP MOBIL DAN MOTOR
- CARA MENYETEL KLEP SATRIA 150F
- Komponen AC Mobil
- Penyebab Bau Pada Mobil Ber-AC
- Tips Merawat AC Mobil
- Diagnosis Kerusakan Pada Sistem Pengisian
- Rem Cakram
- Sistem Kopling
- Sistem Pendingin
- BAGIAN – BAGIAN UTAMA MOTOR BAKAR (BAGIAN YANG DIA...
- Motor Pembakaran Luar
- BAGIAN – BAGIAN UTAMA MOTOR BAKAR (BAGIAN YANG BER...
- Motor Otto 2 Langkah
- Motor Otto 4 Langkah
- Bahan Bakar Bensin dan Pembakaran Motor Otto
- Motor Diesel 4 Langkah dan 2 Langkah
- Bahan Bakar Solar dan Pembakaran Motor Diesel
- Sistem Pengapian (Ignition System)
- Klasifikasi Motor Bakar
- Sistem Kemudi
- Sistem Kopling
- Langkah-langkah tune up pada mesin diesel
- Urutan Langkah Tune Up Mesin EFI
- langkah-langkah dasar melakukan sendiri tune up me...
- TUNE UP ENGINE
- Sistem Pengapian
- Tune Up Kijang 4K
-
▼
September
(48)
0 komentar:
Posting Komentar